Tentang Air Mata

20 Juli 2010 21.19 By Firdaus , In

Kita semua tentu pernah menangis, mengeluarkan air mata tentunya. Dari mana datangnya air mata itu? Apa ada penampungan air di balik mata kita? Ataukah mata itu seperti balon berisi air? Menurut wikipedia, Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi untuk membersikan mata. Kata lakrimasi juga dapat digunakan merujuk pada menangis. Emosi yang kuat juga dapat menyebabkan menangis, walaupun kebanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata.

Airmata melindungi mata dari kuman dan mengandung Lyzosime yang dapat membunuh berbagai macam mikroba. Lyzosime ini sendiri adalah zat desinfektan yang lebih keras dari zat-zat kimia yang digunakan untuk mendesinfeksi seluruh tubuh (sumber : kajian muslimah weblog ). Terdapat 3 macam tipe dasar air mata :
  1. Air mata basal : pada mata yang sehat, kornea selalu dipertahankan tetap basah dan menghambat masuknya debu. Beberapa kandungan didalamnya juga melawan infeksi bakteri sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh.
  2. Air mata refleks : yang disebabkan karena adanya iritasi oleh benda asing, atau karena adanya suatu bahan iritasi seperti uap bawang putih. Air mata ini berusaha mengeluarkan iritan yang telah kontak dengan mata.
  3. Air mata tangisan (air mata psikis) : yang disebabkan karena stres emosional yang kuat, depresi atau nyeri fisik.
 Beberapa fakta tentang air mata (sumber : http://hotkaskus.blogspot.com ) :
  1. Menangis merupakan cara alami untuk membuang unsur-unsur membahayakan dari tubuh manusia. Unsur-unsur ini diproduksi oleh tubuh saat manusia sedang mengalami keputusasaan dan ketakutan.
  2. Menangis dapat meredakan ketegangan jiwa.
  3. Perempuan lebih banyak menangis 4 kali lipat dari laki-laki. Karena hal ini juga rata-rata usia perempuan lebih panjang dari laki-laki. Karena terbukti menangis dapat mengeluarkan racun yang diproduksi tubuh melalui kucuran air mata Atau dengan kata lain, menahan air mata menyebabkan tumbuhnya racun.
  4. Menangis dapat memelihara kelembutan mata.
Dari fakta diatas, menangis ternyata sangat bermanfaat. Bukan saja membuang racun-racun di tubuh, namun juga dapat meredakan emosi jiwa. Sangat naif jika akhirnya ada kesan bahwa lelaki yang menangis adalah lelaki yang lemah. Menangislah, karena menangis itu sehat.

Tapi melihat kamu menangis hari ini, saya jadi ikut sedih. Ingin rasanya menghapus air mata itu dengan tawa, namun saya mungkin bukan siapa-siapa bagi kamu. Kita terlalu jauh untuk bisa saling berbagi. Semoga air mata kamu membawa berkah untukmu. Demikian juga dengan air mata saya yang suatu saat pasti tumpah, bisa jadi beberapa detik lagi, mungkin beberapa bulan lagi.

Picture taking from http://rinduku.files.wordpress.com

Reaksi: 

1 Respons:

nurlim mengatakan...

good artikel...

12 Oktober 2011 20.51

Posting Komentar