English Please

11 Februari 2009 20.30 By Firdaus , In


Hari ini kembali sama saja dengan rutinitas sebelumnya. Bahkan tanpa pempek. Hari ini sebenarnya hanya ada satu mata kuliah yaitu Bahasa Inggris, tapi ada tugas slide pajak dan PR akuntansi yang belum selesai. Belum lagi mengurus kepindahan TKPKN dan SPPD pindah yang udah deadline. Oh iya, hari ini saya belajar mengenai Complex Sentence. Complex sentence dalam bahasa indonesia dapat diterjemahkan sebagai kalimat majemuk bertingkat. Kalimat majemuk akan terdiri atas dua komponen yaitu main clause yang dapat berdiri sendiri sebagai suatu kalimat dan subordinate clause yang menerangkan main clause dan tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat. Subordinate clause dapat berupa adverb clause jika berfungsi sebagai keterangan. Contoh : Dede jumped off the pier although he couldn’t swim. Yang digarisbawahi adalah adverb clause. Dapat juga berupa noun clause jika menggantikan subject. Contoh : The man that rides the red car is my uncle. Kemudian ada juga dalam bentuk adjective clause jika menerangkan subject pada main clause. Contoh : He attended the concert even though he hated the band. Nah itu dia yang saya tangkap pada pelajaran hari ini. Namun sebenarnya saya tidak berani mengatakan penjabaran saya diatas adalah benar, sebab daya tangkap saya pada pelajaran Bahasa Inggris cukup buruk. Sangat buruk mungkin. Jadi apa yang saya tulis diatas belum tentu benar dan tidak dapat dijadikan referensi. Itu hanya apa yang saya tangkap dalam pikiran saya. Mohon koreksi dan bantuannya. Tampaknya pelajaran Englisnya cukup sekian dulu, saatnya mengerjakan PR akuntansi. Hehehehehe.

0 Respons:

Posting Komentar