Tak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar

09 Februari 2009 16.20 By Firdaus , In


Cuaca di luar sedikit mendung. Ini membuat saya masih malas beranjak dari tempat tidur. Untunglah hari senin saya tidak punya jadwal kuliah. Ternyata kuliah itu ada enaknya juga dibandingkan bekerja. Lebih santai namun tetap bertanggung jawab.
Dengan kartu IM2 pinjaman si Phae, saya akan mulai online. Dan hari ini saya ingin mempermak blog saya dengan template baru. Baru saja akan menyalakan laptop, tiba-tiba saya teringat cucian saya semalam yang belum dijemur. Hehehehehe. Akhirnya jemur pakaian dulu deh.
Ternyata sistem template sudah begitu maju sekarang. Dulu masih susah loh. Setelah browsing-browsing dan coba-cobi akhirnya saya menemukan template yang pas buat saya. Nah salah satu widgetnya adalah widget yang menghitung berapa hari umur kita sekarang. Saya mencobanya dan sedikit "wow" ketika melihat bahwa usia saya hari ini adalah 8.473 hari. Wah sudah sangat tua-kah itu???
Tiba-tiba saya teringat salah satu potongan ayat dalam kitab suci Al-Quran yang artinya " Demi masa, sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian ". Saya terhenyak sejenak, apakah saya ada digolongan itu??? Namun akal sehat atau mungkin akal setan saya masih mengatakan bahwa saya masih dalam batas kewajaran dalam menggunakan waktu.... Tapi valid kah anggapan itu???Adakah dalam 8.473 hari kehidupan saya semuanya telah diisi dengan hal berguna??? Mustahil rasanya.
Yah, yang membuat saya sedikit lega adalah bahwa saya sekarang ada disini untuk belajar. Dan tadi sambil browsing, saya juga menyempatkan untuk menyalin catatan kuliah yang tertinggal. Berarti saya setidaknya sudah mengisi sedikit waktu saya untuk hal bermanfaat.
Bebicara mengenai belajar dan usia, saya menemukan fakta,setidaknya pada diri saya, bahwa belajar di usia yang relatif tua lebih sulit dari pada saat usia masih remaja. Ukurannya adalah bahwa kepala saya lebih cepat pening sekarang saat belajar ketimbang dulu. Daya tahan mata pun sangat menurun. Sedikit-sedikit ngantuk. Hehehehehe.
Namun itu bukan alasan untuk tidak belajar. Belajar adalah investasi. Belajar adalah sebuah proses pewarisan kekayaan yang nilainya semakin besar. Belajar adalah proses menuju kematangan. Maka tidak ada kata terlambat untuk belajar.
Dan suara adzan pun terdengar. Setelah mengetahui hari ini umur saya sudah 8.473 hari, saya mencoba untuk tidak menyia-nyiakan waktu. Setidaknya hari ini, jam ini, menit ini dan di detik ini.

Reaksi: 

0 Respons:

Posting Komentar