Dirgahayu RI ke-65, sudahkah kita merdeka????

24 Agustus 2010 07.03 By Firdaus


Postingan OOT saya ini harusnya saya buat seminggu yang lalu. Namun karena kesibukan yang ada, maka baru kali ini saya sempat menuliskannya. Bulan Agustus selalu menjadi bulan yang penuh makna bagi bangsa Indonesia. Di bulan inilah Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan bangsa kita. Apa yang kita sudah raih selama 65 tahun sejak peristiwa bersejarah di Pegangsaan Timur itu???


Dosen saya berkelakar, Indonesia sebenarnya belum merdeka. Kita masih berada di pintu gerbang kemerdekaan, seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 (....mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia.......). Negara kita bagi sebagian besar rakyat mungkin belum mencerminkan kemerdekaan. Aset-aset nasional masih banyak dikuasai asing. Belum lagi intervensi politik asing atas berbagai kebijakan di negara ini. Dan yang paling aktual adalah peristiwa penangkapan pegawai negeri kita oleh aparat hukum Malaysia di perairan kita sendiri saat mereka sedang menjalankan tugas menangkap nelayan asing. Hal ini menunjukkan bagaimana kedaulatan kita masih diolok-olok oleh bangsa lain.
Terlepas dari itu, rakyat tetap semarak memeriahkan 17 Agustusan, meski tidak semarak biasanya berhubung bertepatan dengan bulan Ramadan. Saya mendapatkan ajakan untuk upacara di kampus. Namun saya malas dengan aturan keprotokoleran seperti itu. Ada banyak cara merayakannya, termasuk cara lain untuk upacara bendera.
Saya bangun setengah 10 hari itu. Suara berisik teman-teman yang ingin membeli bendera untuk dikibarkan yang membangunkan saya. Akhirnya kami mencari bendera di pasar. Setengah jam keliling, baru kami mendapat bendera. Banyak toko yang tutup hari itu. Dengan kayu dan tali rafia, kami pun mengibarkan bendera merah putih.
Merdekaaa....!!!!!!

0 Respons:

Posting Komentar